Sabtu, 14 Januari 2012

Minum Air Putih secara teratur dan cukup perlukah ???

Kita semua mungkin sudah pernah mendengar betapa pentingnya minum air. Namun disayangkan karena belakangan muncul suatu pendapat bahwa anjuran untuk minum 8 gelas air cuma isapan jempol belaka, yah mungkin ada benarnya, tapi tidak sepenuhnya. Mau ada anjuran minum 8 atau 4 atau 10 gelas per hari, kebanyakan orang tidak paham kenapa bisa begitu.
Bahkan ada pula beberapa ahli diet, ahli nutrisi dan tenaga kesehatan yang makin membingungkan kita dengan memberitahukan bahwa asupan air itu cukup dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Untuk beberapa orang mungkin hal itu bisa diterapkan, namun saya yakin kalau hal itu tidak berlaku untuk semua orang.
Kenapa jika kita makan cukup buah dan sayuran dikatakan bahwa asupan air kita cukup? Karena buah dan sayur itu memang mengandung air. Pernah perhatikan kalau anda memanaskan sayuran ke dalam panci yang telah panas, anda akan melihat ada air di panci dan tak lama setelah itu muncul uap panas? Itu karena sebenarnya anda memasak air yang terdapat di dalam sayuran tersebut.
Para ilmuwan merumuskan bahwa setengah dari populasi orang di dunia mengalami dehidrasi kronis. Dan percaya apa tidak, di Amerika Serikat, tercatat lebih dari 75% populasi.

Lebih dari 2/3 bagian tubuh kita itu air. Jika tubuh kita tidak cukup air maka proses biokimia dan elektrik tubuh kita akan mengalami gangguan.
==========================
Berikut adalah 10 alasan kenapa kita perlu minum cukup air, antara lain:
  1. Untuk menjaga kesehatan darah. Darah terdiri dari 80% air dan memang membutuhkan air untuk bisa menghasilkan sel darah baru.
  2. Untuk menjaga kesehatan tulang. Tulang belulang mengandung 50% air dan membutuhkan air untuk bisa menghasilkan sel tulang baru.
  3. Menjaga fungsi sistem limfatik. Minum cukup air dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengaktifkan sistem limfatik.  Sistem limfa itu terdiri dari nodus limfa, pembuluh, kapiler dan cairan yang berguna membuang zat buangan tubuh. Sistem limfatik ini membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan benar.
  4. Mengontrol sistem pembuangan tubuh. Air dapat membantu membuang zat buangan dan racun dari tubuh melalui sistem limfatik, ginjal, dan usus.
  5. Menjaga persendian tulang. Persendian kita mangandung air yang melumurinya, dapat mengurangi rasa sakit dan melindungi persendian dari robek atau patah.
  6. Regulasi sistem metabolime tubuh. Air membantu regulasi metabolisme tubuh, jadi kalau anda termasuk berbadan gemuk, bisa jadi anda membutuhkan lebih banyak air lagi.
  7. Menjaga kondisi temperatur / suhu tubuh agar selalu normal.
  8. Menjaga fungsi otak dan sistem syaraf. Air membantu mengontrol fungsi elektrikal tubuh, sehingga otak dan sistem syaraf selalu berfungsi dengan benar.  Otak dan sistem syaraf kita selalu mengirimkan signal elektrik agar dapat berfungsi dengan baik. Para ilmuwan mengatakan, otak itu dapat mengalirkan aliran listrik kira-kira sebesar 60 watt. Jadi bisa dibilang munculnya gambar bohlam lampu menyala ketika seseorang mempunyai ide bagus itu benar adanya ya.
  9. Mencegah tubuh dehidrasi. (Dan seperti yang dikemukakan di awal artikel ini bahwa kebanyakan orang-orang di dunia mengalami dehidrasi kronis)
  10. Menjaga fungsi sel dan organ tubuh. Setiap sel tubuh dan organ yang ada membutuhkan cukup air agar dapat berfungsi secara benar.
==========================
Jadi cara termudah dan tercepat untuk menjaga kesehatan itu dengan mengkonsumsi lebih banyak air murni setiap harinya.
Pastikan kondisi perut anda kosong saat banyak minum air, atau yang ada malah enzim pencernaan anda jadi encer dan fungsi pencernaan anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Kalau bisa pilihlah air putih yang telah dimurnikan. Kalau minum air yang tidak baik ya sama juga tidak bagus untuk tubuh. Banyak minum air namun bukan air putih juga tidak menjamin tubuh kita jadi sehat. Air putih itu mudah dicerna dan efeknya langsung bisa dirasakan oleh tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar